Minggu, 01 September 2013

AWASS! Gelombang Santri Baru

Yuskhi: Santri termuda 2013

PPKHM – Sudah seminggu ini (sejak 25/08/2013) kegiatan belajar mengajar di PPKHM aktif. Banyak hal yang sudah terjadi dan terlewati dalam seminggu ini. Seperti acara halal bi halal, rapat awal tahun Madrasah Diniyyah Hidayatul Mubtadi-ien, dll.

Selayaknya awal tahun di berbagai lembaga pendidikan di manapun berada, akan ada peserta didik baru. Begitu pula di PPKHM. Untuk awal tahun ajaran baru ini, PPKHM menerima banyak peserta didik baru. Jumlahnya pun meningkat dari tahun lalu. Mereka, para santri baru itu juga memiliki banyak latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang dulunya pernah mondok, ada yang sudah menjadi mahasiswa dua semester, ada yang baru lulus SD, dan banyak latar belakang lainnya.

Dari banyak santri itu, mereka tentu juga memiliki banyak macam alasan kenapa mereka memilih mondok. Ada yang mondok karena pengen bisa ngaji, “masak anak Ushuluddin nggak bisa ngaji?” begitu penuturan Hudi, santri baru asal Wonosobo itu. “Kalau aku karena disuruh bapak, selain itu disini juga dekat dengan sekolah” ini penuturan Yuzkhi santri termuda di PPKHM, yang juga merupakan bocah asal Wonosari Gunungkidul.

Selain santri yang baru, juga ada program yang baru di MDHM (Madrasah Diniyyah Hidayatul Mubtadi-ien). Yang dulunya masuk mulai jam 19:00 (ba’da maghrib) dan selesai sampai jam 20:00, sekarang ditambah jam dan mata pelajarannya. Yaitu mulai jam 19:00-20:30. Sedangkan mata pelajaran yang tadinya cuma satu setiap malam, kini menjadi dua mata pelajaran, yang mana setiap mata pelajaran berdurasi 45 menit.

Mengenai program baru ini, Ust. Muchlishin selaku kepala Madrasah tidak memberikan banyak komentar. Ketika kami hubungi via SMS, beliau hanya memberikan jawaban singkat. “Usaha untuk meningkatkan kualitas”, begitu tutur beliu. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar