Sabtu, 17 Agustus 2013

ARTI LAMBANG PONDOK PESANTREN KOTAGEDE HIDAYATUL MUBTADI-IEN


1. SEGI LIMA:
Melambangkan Rukun Islam dan merupakan titik tolak dari Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien.

2. BINTANG BESAR (ATAS):
Melambangkan kebesaran Nabi Muhammad SAW. dan Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien memegang teguh apa yang dibawanya (Al-Qur’an dan Al-Hadits).

3. 4 BINTANG (KANAN):
Melambangkan Khulafa’urrosyidin dan Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien mengenal serta mengakui bahwa beliau-beliau adalah para sahabat Nabi Muhammad SAW.

4. 4 BINTANG (KIRI):
Melambangkan empat madzhab yang mu’tabar/dianggap dan Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien mengakui kebenarannya serta mengikutinya.

5. JUMLAH BINTANG SEMBILAN:
Melambangkan jumlah Wali Songo penyebar agama Islam di Jawa dan Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien mengikuti jejaknya.

6. TULISAN ARAB:
Berarti bahwa Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien ini adalah Pondok Pesantren yang salaf  serta mengutamakan kitab-kitab kuno yang berbahasa Arab.

7. TULISAN PONDOK:
Berarti bahwa lambang pendidikan dan pengajaran ini berupa Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien.

8. TULISAN YOGYAKARTA:
Berarti Pondok Pesantren Kotegede Hidayatu Mubtadi-ien berada di desa kota Yogyakarta.

9. BOLA DUNIA:
Berarti santri Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien siap sedia menyebarkan agama Islam ke seluruh pelosok dunia.

10. MENARA TINGKAT 3:
Berarti bahwa Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien memiliki unit pendidikan yang terdiri dari tiga tingkat (Ula, Wustho, dan Ulya).

11. MASJID:
Berarti bahwa Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien merupakan wadah pendidikan dan mencetak pribadi-pribadi muslim agar benar-benar bertakwa dan beribadah kepada Allah.

12. EMPAT KITAB:
Berarti bahwa santri Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien adalah orang-orang yang kreatif, aktif dan tekun belajar.

13. PITA:
Lambang pengikat dan persatuan keluarga santri Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien.

14. WARNA BIRU LANGIT:
Melambangkan ketinggian cita-cita Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien.

15. WARNA HITAM:
Melambangkan kesetiaan, keteguhan, ketangguhan, dan kelestarian Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien.

16. WARNA BIRU LAUT:
Melambangkan bahwa Ilmu-ilmu yang ada di Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien bagaikan lautan  yang  tak ada habis-habisnya.

17. WARNA KUNING EMAS:
Melambangkan kejayaan dan kebesaran Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien sehingga tetap jaya dan bertambah luas.

18. WARNA PUTIH:
Melambangkan kesucian, yang berarti bahwa Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien selalu menjaga kesucian kemurnian ajaran agama Islam.

19. WARNA MERAH:
Melambangkan keberanian Pondok Pesantren Kotegede Hidayatul Mubtadi-ien di atas kebenaran dan karena menegakkan kebenaran.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar