Sabtu, 17 Agustus 2013

Selayang Pandang Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien

Keluarga Besar Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien 2012

Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien Yogyakarta berdiri pada tanggal 12 Maulid 1432 H bertepatan dengan tanggal 15 Februari 2011, yang dirintis dan didirikan oleh Bapak K. H. Munir Syafa’at dan Ibu Nyai Hj. Barokah Nawawi, yang beralamatkan di Jalan. Nyi Pembayun, Gg. Garuda, KG II/1051 B, Darakan Barat, Kotagede, Yogyakarta telah terdaftar sebagai Pondok Pesantren sesuai dengan keputusan Kepala Kanwil Kementrian Agama Prov. DIY No. 608 Th 2011 tentang Pemberian Piagam Pondok Pesantren.

Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien Yogyakarta adalah pondok pesantren yang berlandaskan akidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang memang paling tepat untuk konteks di Indonesia. Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien Yogyakarta  menjadi wadah untuk menampung santri-santri yang dipersiapkan untuk mendalami, menghayati, mengkaji dan mempelajari agama sehingga diharapkan santri tamatan P.P. Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien menjadi ulama, kyai, tokoh masyarakat yang bisa melanjutkan estafet perjuangan para ulama salafussholihin, dan mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dan cakap dengan berbagai predikat yang mulia seperti; ikhlas, mandiri, militan, berjiwa nasionalisme tinggi, tabah, menghormati, menghargai dan selalu mengedepankan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi dan kelompok.

Visi:

Menjadi lembaga pondok pesantren yang unggul dalam mencetak generasi Qur'ani, berpengetahuan luas dala keilmuan serta keislaman, dan berakhlaqul karimah yang berhaluan ahlus sunnah wal jama'ah.

Misi:

· Mengajarkan kitab-kitab salaf serta pengetahuan  yang lain secara seimbang, dan istiqomah menuju terbentuknya cendikiawan yang luhur.
· Mendidik generasi mukmin-muslim yang unggul menuju terbentuknya khaira ummah.
· Mewujudkan warga negara yang berkepribadian Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
· Mendidik dan mengembangkan generasi mukmin-muslim yang berbudi tinggi, berpengetahuan luas, dan berpikiran bebas, serta berkhidmat kepada masyarakat.

Unit Pendidikan:
1.      Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien
2.      Taman Pendidikan Al Quran Hidayatul Mubtadi-ien
3.      Tahfidzil Qur’an
4.      Pengajian Kitab Kuning ( ihya’ ulumuddin, Shahih bukhari, Tafsir jalalain ,dll )

Ekstra Kurikuler:
1. Bahtsul masa’il
2. Hadroh banjari
3. Khitobah
4. Musyawaroh atau munadzoroh santri
5. Praktik ubudiyah
6. Program peningkatan bahasa asing
7. Mujahaddah
8. Majelis ta’lim 
9. Sholawat simtud durror

Tidak ada komentar:

Posting Komentar